• WWIM16ASIA


    WWIM16ASIA

    Day-1

    Karena sebelumnya gue dikasih tau untuk jadi speaker di Surabaya, jadi gue ke Surabaya dulu. Gue naik pesawat ke Surabaya yang jam 4.10 dan jujur itu gue gak tidur karena kalo gue tidur pasti bakal kebablasan sampe siang. Tapi ya selama perjalanan dari Jakarta ke Surabaya gue tidur, ya sekitar 1jam 30menit deh tidur. Nah sampe Surabaya itu sekitar 6.30 gue sama @api_ferrero langusng nyari taksi bandara buat nganter gue explore Surabaya dulu. Akhirnya nemu nih 1 supir yang mengiyakan buat nganterin gue dan Mas Api ke 2 tempat. Karena gue bm banget mau ngeliat salah satu pasar tradisional di Surabaya jadi memutuskan buat ke Pasar Gedongan. Di perjalanan gue ngobrol sama supirnya, eh gatau kenapa Pak supir ini, Pak Nahrowi ngira gue itu artis. Dia ngerasa yakin banget kalo gue itu sering main film action Indonesia. Hahaha lol gue di kira artis. Sampe ada satu waktu pas udah sampe parkiran di Pasar Gedongan doi nelfon anaknya.

    “San, sampean ndi san?? Iki bapak lagi nyumpirin Mas Marvi, kayaknya Mas Marvi iki sering bapak liat main film berantem . Sampean tau ndak san?”

    Haha sambil gue siapin kamera gue buat hunting, langsung gue bilang aja, “bukan artis saya pak main film aja gapernah, depan kamera aja meriang langsung”

    Abis itu gue turun dan langsung mulai hunting sama Mas Api. Wah gue awalnya tuh mikir kalo orang-orang Surabaya gak mau di Foto dan bakal masang muka galak kalo ngeliat kamera kayak orang Jakarta. Ternyata eh ternyata, engga sama sekali. Mereka malah minta banget buat di foto.

    Loc. Gedongan's Traditional Market
    Foto menggunakan Canon 5D Mark ii, 70-200mm F/4
    Keramahan orang Surabaya


    Udah selesai hunting di Pasar Gedongan, gue sama Mas Api harus nungguin si @Gemilangbad salah satu instagrammer dari Pekanbaru yang hidupnya lontang-lantung setelah berangkat dari Jakarta ke Surabaya, doi gatau mau tidur dimana, mau naik apa, padahal dia mau ikut #WWIM16ASIA di Bromo hari Minggu nya. Makanya gue tungguin dia biar bisa stay di hotel tempat gue nginep nanti karena @gevaldi berhalangan untuk ikut jadinya masih ada 1 kasur kosong. Ya sekitar 45 menit deh nunggu Gemilang, sampe Mas Api ngomel-ngomel haha. Biasa lah orang tua gabisa sabar sedikit harus gercep semuanya.

    Dari Pasar Gedongan, langsung aja nih ke Terminal Purabaya untuk nganter Mas Api yang bakal lanjut ke Malang karena harus nemuin temen-temen dari Jakarta yang naik kereta ke Malang. Karena temen-temen yang dari Jakarta bakal stay di rumah salah satu temen Mas Api. Setelah makan pagi sebentar. Mas Api langsng nyari bus ke Malang dan gue sama Gemilang langsung berangkat ke Yello Hotel Jemursari. Gue sama Gemilang coba mesen taksi online dari terminal, ternyata setelah di telfon taksi onlinenya gak berani pick up order di terminal jadi gue terpaksa harus agak jalan keluar terminal baru bisa naik ke mobilnnya. Di Surabaya emang masih agak worry banget nih masalah kendaraan online. Jadi kalo di antara kalian mau kemana-mana dan mempermudahkan kendaraan dengan ngegunain taksi online harus lebih hati-hati ya..

    Udah sampe hotelnya, gue langsung ke receptionist buat nanya kamar yang udah di pesenin Mas @adityaagungm buat nginep. Karena biasanya itu check in di atas jam 12 dan gue udah sampe jam 10, gue mikirnya harus nunggu dulu dan nitipin barang sebentar di receptionist. Gataunya gue langsung bisa masuk ke kamar gue nih. Pas masuk ke kamar nya wah banget sih nyaman gitu udah interior nya warna putih campuran warna kuning gitu. Pokoknya kane deh! Sampe kamar yang tadinya gue mau tidur dulu untuk istirahat sebentar karena gue belum tidur dari kemarin malah gabisa tidur. Eh si Gemilang yang pules banget.

    Setelah gabut-gabut sampe jam 2an gitu gue baru inget kalo acara instameetnya itu start jam 2, yaudah gue langsung mandi aja siap-siap ke bawah buat nyamper temen-temen yang ikut instameet. Ya seselesainya siap-siap jam 3 lah. Ternyata yang ikut instameet tuh rame banget sampe 50 orangan. Oh iya by the way, gue di Surabaya itu barengan juga sama @ardilesrante and crew sebagai official videographer Instagram untuk liput kegiatan @WWIM16ASIA. Nah sekitar jam 4an itu instameet dimulai, diawali dengan hunting-hunting foto bareng di sekitaran hotel. Jadi ini pertama kalinya gue ketemu sama @mrspade85 & @zarnizar dari Malaysia. Udah selesai hunting foto bareng eh ternyata ada penyambutan special gitu dari hotel, ada yel-yel barengnya biar tetep pada semangat. Abis pada yel-yel, karena udah waktunya makan malem langsung ke restaurantnya. Abis dinner bareng langsung lah acara utamanya, sharing season. Pembicaranya itu ada @fahmiadimara, @joeadimara_, @anugrahdimas, Bang Fik, Bang Zar dan gue. Jujur gue agak jiper bro  untuk ngomong di depan,, apalagi 3 pembicara awal Mas Fahmi, Mas Joe dan Mas Dimas itu pake power point bagus dan niat gitu untuk jadi pembicara. Gue ga bikin sama sekali haha, soalnya yang gue tau, gue ke Surabaya itu untuk ngontrol kegiatan si orang Malaysia ini karena gue sebagai penanggung jawab perwakilan panitia. Eh gataunya disuruh ngomong di depan juga. Yaudah lah... Pas ngomong ya gue sharing tentang perjalanan hidup gue di Instagram. Dari awalnya ke nature, cityscape, portrait, street sampe ke traveling. Nah pas lagi ngomongin portrait ini nih pada konsen semua meratiin, kalo gue rasa sih karena temen-temen cewe yang gue fotoin gitu. Jadi pas gue bilang hasil foto portrait gue bisa dicari dengan search #portraitsbymarv itu langsung di buka. Dan you know what?? Itu foto-foto di hashstagnya anteng dari awal sampe akhir gak ilang. Jadi dari gue ngomongin portrait sampe gue ngomongin masalah wwim di akhir waktu, tetep aja itu foto-foto portrait gue Cuma di scroll up and down buat liat-liat cewenya hahaha. Tapi gapapa, seenggaknya gue tau temen-temen di Surabaya yang cowo masih normal. 
      
    @joeadimara_, @zarnizar, @mrspade85, @19marv

    Serunya sharing sama temen-temen Surabaya
     

    Udah selesai semua sharing tentang pengalamannya, dibuka tuh sesi tanya-jawab. Wah antusiasnya gausah ditanya sih, banyak banget yang mau nanya. Tapi berhubung mepetnya waktu jadi Cuma beberapa orang aja yang dapet kesempatan buat nanya.

    Akhirnya acara hari ini selesai juga. Jujur gue capek parah! Belom tidur 2 hari terus kesibukan di hari ini tuh padet banget kan. Pas udah selesai, temen-temen Surabaya ngajakin nongkrong lagi tapi gue nya gak sanggup. Jadi gue langsung balik ke kamar buat tidur. Oh iya lupa, gue belom mesen mobil travel buat ke Malang. Jadi gue cari dulu tuh sebelum tidur nelfon nelfonin travel. Untungnya ada, dan gak terlalu mahal juga. Abis itu langsung deh gue tidur pules, huuh finally!!




    Day-2


    Ya setelah tidur pules gue akhirnya bangun. Sekitar jam 6 gue langsung mandi terus sarapan di hotel. Karena jam 9 gue harus udah berangkat ke malang buat ketemuan sama @boylagi dan temen-temen lain. Ternyata pas sarapan gak sengaja bareng mas Ardiles. Ya sekalian aja ngomongin untuk video selanjutnya sambil nunggu jam 9. Udah selesai sarapan sama ngobrolin next video nya langsung pada siap-siap packing karena udah tinggal sebentar lagi jam 9. Yah ternyata supir nya nelfon gue kalo dia kena macet jadinya harus nunggu sekitar sejam untuk berangkat ke Malang.

    Ya akhirnya yang di tunggu-tunggu dateng. Jam 10 pas supirnya nelfon gue kalo udah parkir di lobby hotel. Jadi yang berangkat ke Malang gue, Gemilang, Mas Ardiles & Mas Denny crew nya Mas Ardiles. 2 orang lainnya langsung berangkat ke Bromo buat ambil materi videonya di sana. Jujur perjalanan ke Malang dari Surabaya gak berasa sih, selama perjalanan ke Malang gue tidur hahaha. Bangun-bangun makan siang dan udah deket banget sama Bandara Malang, karena di situ meeting point gue sama temen-temen dari Jakarta. Makan siang sebentar di warung makan Bu Pri, langsung lanjut perjalanan.

    Yuhu udah sampe di Bandara Malang, gue gasabar banget buat ketemu sama rombongan dari Jakarta. Oh iya by the way, rombongan dari Jakarta itu ada @boylagi, @cahgro, @astrityas, @gemaprawoto, @reizanurrafi, @leonhartleon, @ronnyallan, @eltinodavid, @raraa_, @diamitradarius. Ditambah beberapa old timer, @thrdn dan @indramita. Udah ngumpul semua berangkat lah kita ke Malang! Wuuhuuu! Excited parah sama trip kali ini. Awalnya sih… tapi di tengah perjalanan pada lemes karena perjalanannya bener-bener macet parah. Yaudah deh nikmatin aja. Dan kita sempet berenti buat makan siang dulu, ternyata yang lain belum makan siang. Udah selesai makan siang lanjutin perjalanan. Sumpah nothing to do deh kalo kena macet di jalan.

    Finally! Jam 11 malam sampe ke homestay di Cemorolawang. Coba bayangin, dari jam 2 mulai perjalanan menuju homestay dari Bandara Malang, baru sampe jam 11 malam di homestay. Berapa jam di jalan?? 9 jam cuy di jalan. Mamam tuh ye.. Sampe homestay disambut hangat sama @omyudaa, @goforbobs, @farhanrizky, @rodagenic, @seranggaditaman, @api_ferrero, @sam_ottit, @putra.chairunisandy dll. Langsung aja menuju ke kamar masing-masing buat naro barang bawaan. Karena keadaan perut masih belum terisi jadinya yang baru sampe pada makan dulu. Abis makan kita last brief nih untuk acara @WWIM16ASIA dan katanya mau pada catching sunrise jadi sekalian mutusin tempat sunrise pointnya deh.

    Udah selesai brief kira-kira jam 1, jujur gue lemes parah. Tiba-tiba kepala gue sakit banget dan demam. Akhirnya gue mutusin buat minum obat terus lanngsung tidur sampe  jam 2. Karena jam 2 itu schedule berangkat ke sunrise point. Tidur lah gue….



    Day-3

    “Woy, Vi! Bangun gila! Lo gaikut sunrise an??” Suara teriakan bob bangunin gue ngawalin petualangan gue di WWIM16ASIA. Dengan lemes nya gue melek dan langsung siapin tas kamera gue. Jujur dingin banget, jadi gue kayak gak mandi gitu cuman sikat gigi sama cuci muka. Hahaha. Santai, tetep wangi kok biarpun gak mandi 1 hari. Let’s Go!

    Yah ternyata pas keluar homestay jeep nya baru beberapa yang ready. Jadi kita itu pake 8 jeep untuk ke 2 titik bromo, Sunrise point di Bukit Kingkong sama Meeting point WWIM16ASIA di Pasir Berbisik. Jeep yang kita sewa baru ready 5 jeep. Pasti pada nanya kenapa banyak banget jeep yang di sewa? Karena 1 jeep isinya 4 orang, dan rombongan yang ikut ke sunrise point itu ada 32 orang. Siapa aja mereka? Panitia WWIM16ASIA ada 15 orang, di tambah beberapa old timer dan temen-temen yang 1 tour travel sama panitia ada 7 orang dan juga ada rombongan temen-temen instagrammers dari Makasar ada 10 orang. Akhirnya sekitar jam 3an jeepnya udah ready semua termasuk support jeep dari temennya Mas Ardiles. Jadi total ada 9 jeep yang konvoi dari homestay ke Sunrise point di Bukit Kingkong. Wuhuu!!

    Meskipun harus sakit di perjalanan ini tapi gue gak patah semangat nih buat ikutin setiap itinerary di trip kali ini. Canda tawa dari temen-temen semua bikin gue demam gue ilang. Emang deh temen itu adalah obat terbaik dari segala obat yang ada. Gue satu jeep bareng @boylagi, @goforbobs, @danartriadmodjo & @omyudaa. Parah bacotan mereka bikin gue ngakak seadanya. Yang gue heran tuh ya, jalan di bromo itu bener-bener bikin kita terombang-ambing, anjay ombang-ambing cuy bahasanya, Jadi emang jalannya tuh gada yang rata. Cuma entah kenapa dengan keadaan seperti itu Mas Boy bisa aja tidur nyenyak di jalan. Seperti biasa lah, Yuda dengan bacotannya ngecengin Mas Boy hahaha.

    Nah udah sampe nih di sunrise point, Bukit Kingkong. Cuma emang gabisa sampe pas di titik sunrisenya. Jadi jeepnya harus parkir di pinggir jalan dan barulah kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menanjak kira-kira 500m nanjak menuju sunrise pointnya. Yang jadi pikiran gue sih @cahgro, jadi sebelum dia ke bromo buat WWIM16ASIA ini dia jatoh dan kakinya bengkak sampe-sampe harus ngegunain tongkat penyanggah buat dia jalan. Kira-kira dia bisa gak ya? Haha kasian.. Ternyata dia bisa! Dengan penuh semangat dan jalan pelan-pelan dia nanjak ke sunrise point. Eh tapi di tengah jalan, si Allan, adeknya Leon tiba-tiba teriak, “aduh bang, asma gue kambuh bang, bang minta air putih!” karena gada yang bawa air putih gue lari cari tukang jualan air putih buat nolongin dia, ckck udah tua ngerepotin ye wkwkw. Eh udah sampe sunrise point ternyata kecepetan, jadi kita sampe sunrise point itu jam 3.45 dan sunrise nya start jam 5 an kata orang sananya. Jadinya dengan terpaksa kita semua nunggu dulu sampe jam 5. Gue sama Mang Ai beli kopi biar tetep melek buat nungguin sunrisenya. Gataunya apa yang gue harapkan tidak sesuai dengan realita, gue bener-bener ngarepin buat gak demam lagi, tapi tiba-tiba aja gue demam lagi di tengah waktu nungguin sunrise. Gue akhirnya harus duduk di pinggiran sambil tertunduk lesu dan bilang sama leon, “le, lagi gabut kan? Gue lemes parah nih demam, lo liatin gue ya sama barang bawaan gue hehe”. Lumayan lah, kira-kira gue tidur sekitar 30 menit sampe akhirnya orang-orang udah pada siap-siap karena matahari  udah mulai nunjukin sosoknya. Kata Leon, pas gue tidur orang-orang pada ngeliatin gue, mungkin pada ngira kalo gue mati kedinginan kali ya haha.

    waiting for sunrise, at Kingkong's Hill

    Wah mataharinya udah mulai keluar nih, gue sama Mang Ai nyari spot bagus buat ambil foto. Jujur karena rame banget jadi ya kita seadanya dapet spot foto. Entah, indahnya mentari yang memanjakan gue sejenak membuat gue lupa akan demam yang gue rasakan. Dua lain hal yang dapat gue ambil dari hanya memandangi indahnya mentari pagi yaitu sebuah ketenangan. Sesaat melupakaan segala gundah gulana yang diciptakan pada panggung kehidupan. Tidak ada yang percuma, bangun lebih awal ditengah tangisan awan di separuh malam menuju pagi yang tetap tak mampu menurunkan semangat gue buat bertemu sang fajar. Detak jantung yang kian bersua menemani derap langkah kaki menuju tempat penjamuan tentang kehidupan. Hanya putih, orange, hijau dan biru pemandangan kala itu yang menjadi media terbaik pengalir darah ke setiap syaraf dalam badan ini. Indah, hanya itu yang dapat dikatakan hati yang tak menentu ini. Sesaat gue menundukan kepala dan mengucapkan syukur dapat melihat keindahan dari-Nya. Dengan segelas kopi hangat 10ribuan memandangi sosok sang fajar yang tak terdefinisikan keindahannya. Namun apa daya, waktu selalu dapat seenaknya menghilangkan keindahan-Nya yang inginnya tidak ingin berganti. Sampai bertemu kembali. 
     
    Sunrise View, from Kingkong's Hill



    @ardilesrante
    Kingkong's Hill




    Gak terasa udah jam setengah 7 aja, udah waktunya buat berangkat ke pasir berbisik, meeting point WWIM16ASIA. Dari bukit kingkong kira-kira 45 menit jalan naik jeep santai ke pasir berbisik. Jadi sekitar jam setengah 8 udah sampe di pasir berbisik. Karena waktu kumpulnya itu jam 8 jadi belum banyak yang dateng.

    Nah udah mulai pada dateng, yang tadinya Cuma 9 jeep aja di parkiran pasir beribisik tiba-tiba langsung rame sama motor trail dan jeep yang lain. Bener-bener moment ini bikin gue speechless, yang gue liat di WWIM16ASIA ini  pelukannya temen lama yang udah lama gak ketemu,  teriakan, “Woy! Apakabar lu anjir?!”. Oke, WWIM16ASIA di awali dengan sambutan sepatah duakata dari Mas Boy. Sembari Mas Boy sambutan, panitia yang lain nyiapin spot buat foto bareng peserta. Udah ready, langsunglah gue giring peserta buat menuju ke spot foto bareng dengan koreo tulisan “WWIM 16 ASIA”. Awalnya emang agak sulit ngatur temen-temen karena rame parah, Cuma karena udah di tandain untuk bikin tulisannya jadi agak lebih gampang. Drone udah naik dan semua udah rapih langsung aja di foto. Gak lupa Mas Ardiles take over moment ini untuk bikin video yang nantinya di kirim ke head quarter Instagram.

    Lagi-lagi waktu dengan sengaja mengubah moment yang seharusnya gak secepet itu berlalu. Gak terasa udah jam 10, dan ini jadi waktu berakhirnya acara WWIM16ASIA. Sebelum balik ke homestay, panitia kumpul dulu untuk review acara dan gak lupa doa juga berterimakasih sama Allah SWT atas kelancaran WWIM16ASIA ini.


    Udah selesai semua, panitia dan juga rombongan sunrise langsung balik ke homestay untuk packing prepare balik ke Jakarta dihari itu juga. Karena beberapa panitia harus ngejar pesawat malemnya dan ada juga yang stay sampai hari seninnya. Bener-bener balik ke homestaynya pada kecapean. Tapi mukanya pada senyum sumringah nih karena emang seneng banget bisa ketemu temen-temen lama lagi dan kenalan sama temen baru. Sekitar jam 11 sampe homestay, masih ada waktu kurang lebih 3 jam untuk siap-siap, mandi, makan siang sebelum jam 2. Karena elf standby jam 2 untuk nganter panitia dan beberapa temen Makasar balik ke Surabaya. Langsung pada makan siang bareng, entah kenapa sedih banget secepet itu kebersamaan bakal berlalu. Moment berbagi, ketawa bareng itu bener-bener harus secepet itu ya? Huf.. Berhubung gue belom mandi dari kemarin, abis makan gue langsung mandi deh. Seger banget cuk! Abis mandi gue packing, abis packing gue tidur sambil nunggu jam 2, lumayan lah sejam tidur kan.



    Finally elf yang di tunggu-tunggu datang juga, rombongan panitia dan beberapa temen Makasar yang ngejar pesawat balik malemnya langsung pindahin barang-barangnya masuk ke dalam elf. Shit, gue masih belom rela kalo WWIM16ASIA harus selesai dengan cepatnya. Dengan sangat berat hati gue naik ke elf dan meninggalkan bromo. I’ll be back again, Bromo!
     
    Bruh n Sis
    Di perjalanan balik tuh agak sepi karena mungkin pada kecapean. Dari jam 14.30 jalan dari bromo, sampe Bandara Juanda Surabaya itu jam 7 malam. Ya memang agak lama karena kita sempet berhenti dulu nyemil di mini market. Wah semakin dekat dengan waktu berpisah. Rombongannya @boylagi, @cahgro, @astrityas, @gemaprawoto, @eltinodavid, @reizanurrafi, @terryoga, @raraa_, @indramita, @thrdn kebetulan beda pesawat sama gue dan @goforbobs. Biasalah karena bob sok ide ambil jam yang beda. Jadi mereka berangkat dari Surabaya ke Jakarta jam 20.30 nah gue sama bob jam 21.30 Cuma beda sejam aja sih emang. Nah gue sama bob cari makan dulu nih, eh ternyata gue lupa ngembaliin kabel charger nya Yoga. Jadi Reiza, David, Yoga setelah check in keluar lagi dan makan di luar bareng gue sama bob. Nah udah selesai makan, sampailah pada waktunya untuk tos-tosan pamitan. Safe flight guys!

    Karena masih sejam lagi gue sama bob, check in dulu dan nunggu deh tuh. Tiba-tiba gue denger alunan nada opening informasi nih, ternyata delay.. Fak! Awalnya sih delay sejam, tapi tiba-tiba 5 menit kemudian jadi 2 jam. Wah udah capek banget kan, terus delay. Kayak paham ga sih rasanya gimana?? Eh gataunya ada temen dari Makasar yang kena imbas delay juga. Langsung aja gue panggil @faauzireza setelah ngobrol-ngobrol banyak, doi bilang mau ngadain instameet Celebes sama temen-temen makasaarnya dan mengundang panitia buat join ke instameet itu. Menarik sih, Cuma harus di koordinasikan dulu sama temen-temen panitia WWIM16ASIA kan pada sibuk. Hahaha. Karena ngobrol-ngobrol sama Reza, jadi gak berasa nih. Udah waktunya gue boarding aja nih, gue pamit sama doi terus langsung naik pesawat. Thankyou ya Za, sampai bertemu dilain kesempatan, safe flight lo!

    Wah gokil sih 11.30 baru take off. Sampe Jakarta sekitar jam 1. Seperti biasa, selama perjalanan gue tidur hueheh abis capek banget sih bray. Pas udah sampe di Bandar Udara Soekarno-Hatta, si bob di jemput temennya, sedangkan gue mesen taksi online. Sampe rumah gue jam 2 ckck, gue langsung tidur karena jam 8 nya gue ada kelas. Fiuh...

    -THE END-
               
    Nb: Gue pribadi sebagai salah satu panitia WWIM16ASIA mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk kalian yang udah mengikuti rangkain acara WWIM16ASIA. Effort kalian luar biasa. Hanya bermodal kecintaan kalian dengan Instagram, hati kalian terteguh untuk pergi ke Bromo meskipun dari daerah yang berbeda-beda. Karena Instagram membuat dari yang belum pernah ketemu jadi ketemu, dari yang gak kenal jadi kenal, dari yang udah kenal jadi deket, dari yang deket terus jadian, dan bisa juga dari yang jadian jadi putus karena Instagram huehehe komplit lah! Terimakasih, sukses dengan kehidupan kalian, semoga dapat bertemu kembali dilain kesempatan! Gue @19marv, cabs.
     
  • 2 comments:

    ADDRESS

    Jakarta Timur, 13340, Indonesia

    EMAIL

    mformarv@gmail.com
    marvisitepu@gmail.com

    INSTAGRAM

    @19MARV

    MOBILE

    0823 11615566